https://sidoarjo.times.co.id/
Berita

Jabar Media Summit 2025: Media Didorong Adaptif Hadapi Era Digital

Kamis, 11 September 2025 - 20:20
Jabar Media Summit 2025: Media Didorong Adaptif Hadapi Era Digital VP Data PT Kazee Digital Indonesia, Pujo Laksono saat menjadi pembicara dalam Jabar Media Summit 2025.

TIMES SIDOARJO, BANDUNG –  Sejumlah media di Jawa Barat berkumpul dalam Jabar Media Summit 2025 pada Kamis (11/9/2025) untuk memperkuat kapasitas menghadapi tantangan era digital. Salah satu topik utama yang dibahas adalah pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam dunia media.

Dalam forum yang digelar di Pasteur Conventions Center, Holiday Inn Hotel, Bandung, hadir sejumlah narasumber berpengalaman, di antaranya VP Data PT Kazee Digital Indonesia, Pujo Laksono, Manajer Manajemen Informasi dan Berita PT Bio Farma, Taufiq Herbawono, serta Media Development Specialist Suara.com, Asep Saefullah.

Pujo Laksono menekankan bahwa AI kini berkembang pesat dan telah menyentuh berbagai aspek kehidupan, termasuk media.

“AI bisa menjadi alat bantu untuk banyak pekerjaan, termasuk produksi konten di media. Namun, penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan, tidak semua harus diadopsi,” ujarnya.

Ia mencontohkan, AI dapat digunakan untuk menganalisis konten yang diminati audiens, membuat video pendek, hingga membaca pola perilaku pembaca agar media bisa menghasilkan konten yang lebih tepat sasaran.

Meski begitu, Pujo mengingatkan pentingnya regulasi dan etika dalam penggunaan AI. “AI bukan pengganti, tapi pendukung kerja jurnalis,” tegasnya.

Dari perspektif korporasi, Taufiq Herbawono membagikan pengalaman Bio Farma dalam memanfaatkan AI. Teknologi ini, kata dia, digunakan untuk mendukung promosi, otomatisasi pekerjaan rutin seperti membuat caption media sosial, hingga chatbot untuk merespons keluhan pelanggan.

Bahkan, AI juga diaplikasikan dalam pemantauan produksi farmasi, mulai dari vaksin polio hingga vaksin tetanus.

Sementara itu, Asep Saefullah menuturkan bahwa Suara.com juga sudah mengintegrasikan AI dalam operasionalnya. Pihaknya bahkan menyusun roadmap khusus agar penggunaan AI bisa lebih terarah dan mendukung strategi perusahaan ke depan.

Jabar Media Summit 2025 sendiri menghadirkan ratusan peserta dari media se-Jawa Barat, akademisi, pemerintah, dan pelaku usaha.

Tahun ini, kegiatan yang digagas AyoBandung.id, Suara.com, dan Radar Cirebon tersebut mengangkat tema Pendalaman Model Bisnis dan Konten Berdampak.

Empat topik utama menjadi sorotan, yaitu: Masa Depan Media Lokal di Era Digital, Pemanfaatan AI untuk Mendukung Kerja Media Lokal, Membangun Konten Berdampak untuk Publik, serta Kolaborasi Media dengan Stakeholder.

Acara ini turut mendapat dukungan dari bank bjb, Bank BNI, Harita Nikel, Bio Farma, JNE, Eiger Adventure, PLN UID Jabar, Bank Indonesia Jawa Barat, bjb Syariah, Pos Indonesia, Cirebon Power, Modena, Diskominfo Kota Cirebon, dan Yamaha. (*)

Pewarta : TIMES Magang 2025
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sidoarjo just now

Welcome to TIMES Sidoarjo

TIMES Sidoarjo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.