https://sidoarjo.times.co.id/
Berita

Tak Perlu Ribet, Pasang Baru Perumda Delta Tirta Cukup Klik dari HP

Selasa, 02 September 2025 - 13:56
Tak Perlu Ribet, Pasang Baru Perumda Delta Tirta Cukup Klik dari HP Perumda Delta Tirta Sidoarjo mengeluarkan Aplikasi Pelangi untuk mempermudah masyarakat untuk pasang baru sambungan air. (FOTO: Dok. Humas Perumda Delta Tirta)

TIMES SIDOARJO, SIDOARJOPerumda Delta Tirta Sidoarjo membuat inovasi kemudahan pasang baru yang mudah dan murah untuk masyarakat. Cukup melalui aplikasi Pelangi yang dapat di unduh di handphone atau HP. 

Inovasi kemudahan layanan Perumda Delta Tirta ini untuk mendukung visi dan misi Bupati Subandi dan Wakil Bupati Mimik Idayana. 

Direktur Utama Perumda Delta Tirta, Ir. Dwi Hary Soeryadi, menjelaskan bahwa sebelum ada aplikasi Pelangi, masyarakat harus datang ke kantor untuk mengajukan pasang baru. Sekarang cukup dari handphone sudah bisa. 

"Kini cukup lewat aplikasi, prosesnya bisa dilakukan dari rumah dengan lebih cepat, transparan, dan mudah,” katanya saat dikonfirmasi, TIMES Indonesia, Selasa (2/9/2025).

Cara Daftar Pasang Baru Melalui Aplikasi Pelangi

Proses pengajuan pasang baru melalui aplikasi Pelangi sangat sederhana:

1. Buka Play Store dan cari aplikasi dengan kata kunci “Delta Tirta”.

2. Unduh dan pasang aplikasi, lalu lakukan registrasi akun.

3. Pada menu utama, pilih layanan “Pasang Baru”.

4. Isi formulir pendaftaran sesuai data yang diminta.

5. Setelah dikirim, sistem menyimpan data dan pelanggan akan menerima notifikasi perkembangan proses secara langsung melalui aplikasi.

Dengan sistem ini, masyarakat tidak hanya mendapatkan kemudahan, tetapi juga kepastian dalam proses pengajuan. Seluruh tahapan dapat dipantau secara real-time tanpa harus datang ke kantor pelayanan Perumda Delta Tirta Sidoarjo.

Menurut Dwi Hary, kehadiran aplikasi Pelangi merupakan bagian dari transformasi digital perusahaan sekaligus upaya mendukung program pemerintah daerah.

“Kami ingin memastikan bahwa layanan pasang baru PDAM benar-benar mudah diakses dan terjangkau, harapannya, semakin banyak warga Sidoarjo yang bisa menikmati layanan air bersih dengan proses yang praktis,” jelasnya.

Selain aplikasi Pelangi, Perumda Delta Tirta juga menyediakan berbagai kanal pendukung seperti call center pengaduan 24 jam serta layanan pelanggan melalui WhatsApp, Telegram, dan Instagram. 

Namun fokus utama saat ini adalah memastikan fitur pasang baru dapat menjangkau masyarakat luas, sehingga pelayanan air bersih semakin inklusif. (*)

Pewarta : Syaiful Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sidoarjo just now

Welcome to TIMES Sidoarjo

TIMES Sidoarjo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.