Wisata

Menikmati Sensasi Kuliner di Tengah Perkebunan Karet Mandalare

Sabtu, 27 Maret 2021 - 23:02
Menikmati Sensasi Kuliner di Tengah Perkebunan Karet Mandalare Joglo-joglo di Kawasan perkebunan Mandalare. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMES SIDOARJO, BANJAR – Berinovasi di tengah terpuruknya berbagai sektor ekonomi akibat dampak pandemi adalah salah satu cara yang dilakukan para pelaku UMKM untuk tetap berkarya dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Salah satu inovasi yang dilakukan Tutur, dengan mengembangkan sektor wisata kuliner di tengah perkebunan karet Mandalare, PTPN Batulawang VIII.

Umumnya para pelaku UMKM berburu lokasi strategi di pusat kota, namun Tutur, salah satu pelaku UMKM asal Desa Sinartanjung kecamatan Pataruman punya konsep lain dengan mendirikan Cafe di tengah belantara perkebunan karet.

Perkebunan Karet Mandalare 2

Berawal dari warung kopi biasa, kemudian semakin banyaknya pengunjung yang berdatangan akhirnya menginspirasi Tutur untuk mendirikan joglo-joglo di atas tanah perkebunan.

Kawasan tersebut dinamainya dengan Madasari Coffee. Menu yang saat ini tersedia antara lain nasi liwet, ayam dan ikan bakar, karedok, aneka camilan, es kelapa, kopi dan yang lainnya.

Biasanya, pengunjung yang datang di akhir pekan akan disuguhi live musik sehingga pengunjung dapat  menikmati hidangannya di tengah alam terbuka dengan alunan musik yang bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

Sandy, pengelola kafe tersebut mengatakan bahwa Madasari didirikan sejak 6 bulan yang lalu dan selalu ramai dikunjungi pembeli dari berbagai daerah.

"Sehari, paling sepi kami melayani 30 sampai 40 pengunjung. Apalagi di akhir pekan biasanya pengunjung datang dari mana-mana," ujarnya.

Karena masih dalam masa pandemi, Sandy mengatakan saat ini jam operasionalnya masih dibatasi.

"Kami buka dari pagi sampai sore dan menyesuaikan protokol kesehatan sebagai bentuk dukungan kami terhadap pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19," paparnya.

Perkebunan Karet Mandalare 3

Keunikan Madasari Coffee Mandalare ini rupanya menjadi lokasi persinggahan favorit para komunitas sepeda atau motor trail.

Seperti halnya komunitas goes Sarasa alias sepeda rabu dan sabtu asal Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Rombongan ini tampak asik menikmati hidangan makan siang usai mengayuh sepeda.

Budiyanto, salah satu perwakilan komunitas tersebut mengatakan bahwa Madasari adalah persinggahan yang cocok dijadikan tempat beristirahat sambil menikmati kuliner di tengah alam yang menyuguhkan jejeran pohon karet itu.

"Kami sudah beberapa kali singgah ke sini karena lokasinya yang teduh dan makanannya yang enak untuk kita santap bersama sambil menikmati alam perkebunan," bebernya.

Selain menikmati kuliner, Madasari Coffee juga menyediakan penyewaan ATV dan motor Trail untuk menjelajahi alam Mandalare dengan medan jalan yang sudah disiapkan. Bagi Anda yang punya hasrat berpetualang di alam terbuka, menikmati kuliner di tengah perkebunan karet Mandalare ini tentu sangat cocok dikunjungi saat berada di Kota Banjar. (*) 

 

Komunitas Trail melepas lelah di Madasari Coffee. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

Sandy, pengelola kafe. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

Pewarta : Susi Artiyanto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sidoarjo just now

Welcome to TIMES Sidoarjo

TIMES Sidoarjo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.