Berita

Marak Aksi Teroris Berbalut Agama, Kejari Sidoarjo Gelar Rapat Pakem

Rabu, 07 April 2021 - 14:05
1.72k
Marak Aksi Teroris Berbalut Agama, Kejari Sidoarjo Gelar Rapat Pakem Kajari Sidoarjo Arief Zahrulyani saat foto bersama Bakor PAKEMKasi Intel Kejari Sidoarjo, Idham Kholid (kanan) saat memimpin Rapat PAKEM (Foto: Rudi Mulya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Kejaksaan Negeri Sidoarjo (Kejari Sidoarjo) menggelar rapat tim koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat (Pakem) di Kantor Kejari Sidoarjo, Rabu (7/4/2021).

Rapat koordinasi Pakem bertema 'Meneguhkan Kembali Semangat Silaturahim Dalam Bingkai NKRI' tersebut di hadiri TNI, Polri, Badan Intelijen Negara Daerah (Binda), Bakesbang Pol, FKUB, Kemenag dan MUI Kabupaten Sidoarjo.

Kajari Sidoarjo Arief Zahrulyani saat membuka rapat koordinasi PAKEM mengatakan jika Kegiatan Rakor dan FGD PAKEM harus dilaksanakan secara intensif guna cegah dini dan menangkal sejak dini berkembangnya aliran-aliran yang menyimpang atau berasimilasi ke arah radikalisme. Sebab sudah menjadi tugas kita bersama (Bakor PAKEM red) untuk mengidentifikasi adanya gerakan aliran-aliran keagamaan dan kepercayaan yang menyimpang di masyarakat khususnya di Kabupaten Sidoarjo.

Kajari Sidoarjo Arief Zahrulyani a

"Kejadian nasional yang saat ini terjadi, aksi teroris yang mau memecah NKRI, dapat kita jadikan cermin agar kita selalu waspada dan berhati hati menjaga kekondusifan Kabupaten Sidoarjo," harap Kajari.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Sidoarjo, Idham Kholid yang memimpin rapat Bakor Pakem mengatakan jika koordinasi bersama Tim Pakem Kabupaten Sidoarjo ini merupakan langkah preventif guna mengantisipasi gejolak Isu SARA, isu teroris yang dibingkai agama khususnya yang menyangkut pautkan agama. 

Forum diskusi ini untuk duduk bersama mencari solusi bagaimana menciptakan kondisi keamanan dan terpenting menjaga kerukunan umat berapa di Kota Delta ini.

"Kewajiban kita bersama menangkal isu SARA di luar sana yang mengarah pada kepercayaan atau agama. Pastinya harus saling menghormati umat beragama dan kepercayaannya," kata Idham Kholid.

Pria yang akrab di sapa Gus Idham ini mengungkapkan jika aksi teroris yang saat ini meneror NKRI adalah PR besar bersama untuk kita tanggulangi, oleh karena itu lewat koordinasi Pakem dirinya meminta bahwa Teroris itu kejahatan dan tidak berhubungan dengan agama.

Kajari Sidoarjo Arief Zahrulyani b

"Paham teroris itu tidak ada hubungan dengan agama apapun sebenarnya, mereka murni musuh negara dan pelaku kejahatan. Oleh karena itu lewat Pakem ini saya berharap kita membuat buku untuk kita sebar ke lingkungan pendidikan terkait bahaya teroris dan asimilasinya, serta yang terpenting buku tersebut juga berisi tentang Pakem, ajaran agama dan aliran kepercayaan yang ada didalamnya. Tujuanya agar generasi muda penerus kita paham tentang Agama dan aliran kepercayaan yang sah di Indonesia," papar Gus Idham.

Lebih jauh, Gus Idham menegaskan Pakem mengutuk keras aksi teroris yang mencoba memecah belah NKRI.

"Kita semua mengutuk aksi teroris, mereka mau memecah bela NKRI, oleh sebab itu lewat Pakem, mari bersama sama kita mensosialisasikan kerukunan umat beragama dan yang terpenting masyarakat jangan sampai terpancing isue sara atau isue agama yang di buat buat oleh teroris. Sidoarjo yang aman dan kondusif ini harus kita jaga bersama," harapnya.

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sidoarjo,  KH Mohammad Kirom menegaskan bahwa  tindakan radikalisme yang dilabeli agama adalah kejahatan kemanusiaan, mereka hanya mencari pembenaran dengan berlindung agama.

"Lewat Pakem Sidoarjo, kita sosialisasikan itu. Jangan sampai Sidoarjo yang kondusif ini dimasuki aliran aliran berbahaya. Islam menganjurkan kepada pemeluknya untuk hidup berdampingan dengan agama lain dan menganjurkan toleransi dalam beragama agar terwujud suatu kesatuan dan persatuan bangsa," katanya. (*)

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sidoarjo just now

Welcome to TIMES Sidoarjo

TIMES Sidoarjo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.