https://sidoarjo.times.co.id/
Berita

MUI Larang Tayang Film ‘Kiblat’, Lia Istifhama: Demi Karakter Bangsa

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:51
MUI Larang Tayang Film ‘Kiblat’, Lia Istifhama: Demi Karakter Bangsa Ning Lia saat mengisi talkshow jelang berbuka puasa tentang parenting 'tontonan sehat' pasca viral film Kiblat, di Balai Kota Surabaya (FOTO: dok Ning Lia)

TIMES SIDOARJO, SIDOARJOFilm Kiblat dikritik keras oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Film yang diproduksi oleh Leo Pictures bekerja sama dengan Legacy Pictures dan 786 Production yang dibintangi youtuber tenar Ria Ricis diprotes keras dan dilarang penayanganya oleh salah satunya dari Tokoh Ulama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Ketua MUI Bidang Dakwah KH Cholil Nafis secara tegas memprotes keras film tersebut. Secara blak-blakan ia menyebut alasan utama mengapa film tersebut ‘wajib’ dilarang tayang di bioskop Indonesia. Menurutnya, film tersebut dianggap melakukan kampanye hitam terhadap salah satu ajaran agama.

Ketegasan KH Cholil memantik reaksi yang sama aktivis perempuan Nahdlatul Ulama, Dr. Lia Istifhama. Wakil sekretaris MUI Jawa Timur yang  akrab disapa Ning Lia ini menegaskan dukungan kepada sikap MUI yang keras melarang penayangan film ‘Kiblat’. 

“Gencarnya MUI yang dalam hal ini diwakili KH Cholil Nafis untuk melarang penayangan Film ‘Kiblat’, adalah hal tepat demi karakter anak bangsa. Penghormatan terhadap nilai-nilai ibadah adalah kebutuhan sekaligus kewajiban untuk menjaga character building generasi penerus bangsa. Jika agama tidak dihormati secara seharusnya, dampak sosialnya akan sangat bahaya terhadap bangsa ini," kata Ning Lia kepada TIMES Indonesia.

Ning Lia mengaku sebagai seorang ibu, gerah dengan adegan yang ditayangkan dalam film ‘Kiblat’.

“Saya sebagai seorang ibu, wajib gerah. Betapa tidak? Film 'Kiblat 'memang menayangkan adegan seorang perempuan mengenakan mukenah dan mempraktekkan gerakan ibadah shalat. Tepat pada posisi rukuk, tiba-tiba kepalanya berputar dan mengarah berlawanan dengan kiblat, dengan suara jeritan kesakitan. Ini kan sangat mengerikan dan sadis. Naudzubillah min dzalik,” tegasnya

Menurut anggota DPD RI terpilih 2024-2029 dari Jatim ini, sangat tidak layak dan tidak patut dimaklumi. Karena gerakan sholat menandakan penghambaan kepada sang Pencipta. 

"Kita harus khusyu memahami makna bacaan Subhana rabbiyal 'adhimi wa bihamdihi, yang berarti Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung dan Maha Terpuji. Tapi kenapa di tengah kesucian jiwa dan hati, malah muncul imajinasi adegan yang keji dan mengerikan. Apalagi kalau melihat poster filmnya, sangat tidak elok," paparnya

Keponakan Khofifah Indar Parawansa ini juga mengutip pesan dari seorang ulama Mesir, Yusuf al-Qaradawi

“Ibadah adalah puncak ketundukan yang yang tertinggi yang timbul dari kesadaran hati sanubari dalam rangka mengangungkan yang disembah.” Maka, ibadah seharusnya menjadi potret tunduknya hati kita, jiwa kita, bahwa kita ini hanyalah hamba Allah SWT," jelasnya.

Ning Lia berpesan kepada pihak yang terkait dalam film ‘Kiblat’ untuk bersikap dan menjelaskan ke khalayak. Terpenting lagi tidak menayangkan film tersebut.

“Saya yakin, dengan riuhnya kontroversi film ‘Kiblat’ di tengah bulan suci Ramadan, Insya Allah menjadi pintu terbukanya hati semua pihak agar semakin menjaga marwah dan kemuliaan ibadah. Saya sendiri, ini tidak terfokus pada film ‘Kiblat’, tapi juga film ‘Makmum’ dan lainnya yang menampilkan adegan menakutkan di tengah ibadah. Dampaknya jelas, membuat penonton terhalusinasi saat melaksanakan ibadah,” tegas Ning Lia.

“Bahkan, masih banyak film lainnya yang menceritakan betapa horornya kehidupan pesantren. Ini semua sangat disayangkan, karena pesantren adalah lembaga pendidikan dan tempat anak-anak mengasah karakter dan akhlak yang baik, selain menimba ilmu. Jadi tolong tidak usahlah, membuat imajinasi-imajinasi yang hanya membuat anak-anak takut mondok,” pungkasnya terkait Film Kiblat. (*)

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sidoarjo just now

Welcome to TIMES Sidoarjo

TIMES Sidoarjo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.